Situs Resmi Alumni STEMBAYO

SEJARAH STM PEMBANGUNAN DI INDONESIA

PERINTIS

Kembali ke masa lampau sebelum lahirnya seluruh sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia yang pada awalnya bernama Sekolah teknologi menengah (STM). Pada tahun 1970/1971 pemerintah dengan program pembangunan lima tahun kesatu (PELITA 1) berpikir untuk membentuk suatu lembaga sekolah teknik tingkat menengah, oleh karenanya diadakan suatu proyek dengan nama “Proyek Perintis Sekolah Teknologi Menengah Pembangunan” dengan masa studi lebih lama dibanding standar SMU atau SMK lainya, yaitu butuh waktu 4 tahun untuk bersekolah di STM Pembangunan.

Sebanyak 8 STM Perintis Pembangunan yang diadakan melalui Proyek Perintis, pada saat ini bernama :

  1. SMKN 26 Jakarta berdiri th 1971
  2. SMKN 7 Semarang berdiri th 1972
  3. SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta berdiri th 1972
  4. SMKN 5 Surabaya berdiri th 1973
  5. SMKN 5 Makassar berdiri th 1973
  6. SMKN 1 Cimahi Bandung  berdiri th 1973
  7. SMKN 3 Pekalongan berdiri th 1973
  8. SMKN 1 Temanggung berdiri th 1973

 

logo8stm

Setelah dibangun 8 STM Perintis Pembangunan, kemudian pada tahun 1974 selesai dibangun 4 sekolah menengah dengan nama STM Teknologi Menengah Pertanian yang berlokasi di :

  1. Jember , Jawa Timur
  2. Boyolali , Jawa Tengah
  3. Tangerang , Banten
  4. Metro , Lampung Tengah

 

STM NEGERI PEMBANGUNAN

Setelah tahun 1985 nama “perintis” sudah tidak digunakan lagi sehingga sejak tahun 1986 kedelapan sekolah tersebut berubah nama menjadi “STM N Pembangunan”.

 

SMKN

Pada awal tahun 1986 mulai bermunculan sekolah STM baru diseluruh wilayah indonesia dari sabang sampai merauke. Pada tahun 1997 diadakan penamaan ulang sehingga nama STM secara resmi telah berubah menjadi SMK diikuti dengan nomor sekolah dan lokasi masing-masing.

Sampai saat ini kedelapan STM Pembangunan tersebut telah menjadi sekolah favorit tingkat nasional atau bahkan internasional, terbukti dengan banyaknya gelar juara yang diperoleh ketika diadakan lomba kompetesi sekolah, banyak siswa dari SMK tersebut yang mewakili Indonesia dalam lomba internasinal seperti yang telah diadakan pada tahun 2011 di Belanda, dan tahun 2013 kembali diadakan lomba teknologi di Jerman. Dalam bidang industri juga banyak alumni STM Pembangunan yang telah menunjukan prestasinya sehingga dapat berkarya dalam memajukan Indonesia pada bidang keahlianya masing-masing. .

 

SEJARAH STEMBAYO

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Depok adalah sekolah menengah kejuruan yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini, dahulu bernama STM Negeri Pembangunan Yogyakarta atau dikenal dengan singkatan STEMBAYO, diresmikan pada tanggal 29 Juni 1972 oleh Presiden Soeharto, dengan lima jurusan yaitu :

  1. Mesin Umum dan Konstruksi
  2. Listrik Arus Kuat dan Lemah
  3. Sipil Basah dan Bangunan
  4. Kimia Industri
  5. Geologi Tambang

Pada saat Tahun Ajaran baru Januari 1972, Kompleks Sekolah yang terletak di Mrican Yogyakarta, belum selesai secara sempurna baik dari bangunan fisik dan peralatan belajar. Pada saat awal penerimaan siswa pertama tidak dilakukan di Kampus STM pembangunan Mrican, akan tetapi dilakukan di STM Negeri 1 Jetis .

Siswa angkatan pertama yang berasal dari wilayah sekitar Yogyakarta dan beberapa dari luar daerah, langsung melaksanakan proses belajar mengajar dengan peralatan yang paling lengkap dizamannya  hingga saat ini dan siswa secara intensif belajar mengajar selama 4 tahun.

Nama STEMBAYO tercetus pada tahun kedua sejak berdirinya sekolah yaitu tahun 1973. Untuk keperluan kegiatan ekstra kurikuler pada saat itu sekelompok siswa pecinta alam mendirikan perkumpulan Camille Papasektembayo (Putra Pecinta Alam STM Pembangunan Yogyakarta) yang selanjutnya secara lebih mudah mereka menyebut Pecinta Alam STEMBAYO. Nama ini diketahui oleh pengelola sekolah, sehingga istilah STEMBAYO lebih dikenal dan familiar untuk sebutan STM Pembangunan Yogyakarta hingga sekarang. Organisasi sejenis diantaranya Pepeal STEMBAYO.

Bersamaan dengan tercetusnya nama STEMBAYO, diciptakan juga lagu Mars STM Pembangunan yang saat ini dikenal yang diciptakan oleh Sdr. Almarhum Sudarto, SPd. setelah terpilih dalam lomba cipta lagu mars STM Pembangunan yang diikuti oleh perwakilan STM Pembangunan seluruh Indonesia. Almarhum Sudarto, SPd. adalah alumni angkatan ke 2 (1973) STM Pembangunan Yogyakarta atau lebih dikenal STEMBAYO.

SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Didirikan : 1972
Jenis : Kejuruan
Kepala Sekolah : Drs. Aragani Mizan Zakaria
Jumlah kelas : 30 ruang kelas teori ditambah dengan ruang praktik/bengkel/laboratorium
Status : Negeri
Alamat : Mrican Caturtunggal Depok KP 1039 55281, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Telp./Faks. : (0274) 513515
Koordinat : 7o46’18.45″ S ; 110o23’32.64″ E
Situs web : http://www.smkn2depoksleman.sch.id/

 

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya sekolah unggul penghasil sumber daya manusia yang berbudi pekerti luhur dan kompeten

Misi

  • Melaksanakan proses pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berbudi pekerti luhur, kompeten, memiliki jiwa kewirausahaan, dan berwawasan lingkungan
  • Melaksanakan proses pendidikan dan pelatihan dengan pendekatan Kurikulum yang dikembangkan di SMK Negeri 2 Depok
  • Menyediakan dan mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan tuntutan kurikulum
  • Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana mengembangkan bakat, minat, prestasi, dan budi pekerti peserta didik
  • Membangun dan mengembangkan jaringan teknologi informasi dan komunikasi serta kerja sama dengan pihak-pihak terkait (stakeholder) baik nasional maupun internasional
  • Meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang professional

 

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik/siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menyiapkan peserta didik/siswa untuk memasuki lapangan kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  3. Menyiapkan peserta didik/siswa agar mampu memilih karier, berkompetisi dan mengembangkan diri
  4. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri pada saat ini maupun yang akan datang
  5. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif

 

Latar belakang

SMK Negeri 2 Depok berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini, sebelumnya bernama STM Pembangunan Yogyakarta, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 29 Juni 1972. Masa pendidikan yang harus ditempuh adalah 4 tahun, dengan didukung dengan fasilitas penunjang yang lengkap.

Setelah lulus, siswa segera dapat bekerja di sektor Industri sebagai teknisi industri. Pada tanggal 7 Maret 1997 dengan Keputusan Mendikbud No. 036/O/1997, nama sekolah ini berubah menjadi SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta.

Masa pendidikan hampir sama dengan SMK pada umumnya yaitu jenjang pendidikan kelas 10, 11 dan 12 dengan sistem pendidikan serupa, dengan praktik kerja industri untuk memperoleh pengalaman kerja dilaksanakan pada tahun keempat. Sedikit berbeda dengan SMK pada umumnya yang melaksanakan praktik kerja industri pada jenjang pendidikan kelas 11 atau 12. SMKN 2 Depok merupakan sekolah kejuruan dengan jurusan (program studi) terbanyak di Yogyakarta.

 

Program Studi

  1. Teknik Audio Video
  2. Teknik Perbaikan Bodi Otomotif (Otomotif)
  3. Teknik Permesinan
  4. Teknik Gambar Bangunan
  5. Teknik Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan)
  6. Geologi Pertambangan
  7. Kimia Industri
  8. Kimia Analisis
  9. Teknik Otomasi Industri
  10. Teknik Pengolahan Migas dan Petrokimia
  11. Teknik Kendaraan Ringan

 

Ekstrakurikuler

SMK Negeri 2 Depok sering ikut serta dalam berbagai lomba di bidang pendidikan seperti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) atau yang sekarang dikenal dengan GPBN (Gelar Prestasi dan Bela Negara). Pada tahun 2008 di Bandung dan 2009 di Yogyakarta, mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta, siswa SMK Negeri 2 Depok berhasil meraih Juara 1 (satu) dalam bidang lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional. Selain dalam segi keteknikan, SMK Negeri 2 Depok juga aktif dalam kegiatan Paskibraka, Pramuka, CCA (Cerdas Cermat Agama), Debat Bahasa Inggris, Olah Raga, Seni (Karawitan dan Teater), Jurnalistik dan masih banyak lagi. Selain itu SMK Negeri 2 Depok saat ini telah menjadi TOIC Centre di daerahnya, Kabupaten Sleman.

SMK ini dipercaya oleh PT Zyrexindo Mandiri Buana untuk merakit komputer ‘SMK Zyrex’. Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Depok, Drs. Aragani Mizan Zakaria, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pembelajaran rintisan pusat bisnis manufaktur yang digagas Direktur Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depertemen Pendidikan Nasional sekaligus untuk melatih para siswa dalam pembelajaran rintisan sebagai pusat bisnis manufaktur.

Dari segi fasilitas, SMK Negeri 2 Depok memiliki gedung sekolah bagi setiap jurusan, sarana praktik, dua lokasi tempat parkir (bagi guru dan bagi siswa), auditorium, lab bahasa, kantin yang dinyatakan sebagai kantin terbaik antara SMA/SMK di Kabupaten Sleman, masjid, ruang sidang, gedung-gedung dan ruangan untuk berbagai subsekbid (organisasi-organisasi dibawah OSIS SMK Negeri 2 Depok, yaitu; KTYME-K (YOC), KTYME-I KBPL, KBBP, BPPK, PAKS, dan KJDK dan lapangan sepak bola, voli, basket.

Kegiatan ekstrakurikuler :

  1. PMR (Palang Merah Remaja)
  2. GIANTS (Gerakan Insan Anti Narkoba dan Anti Seks Bebas Stembayo)
  3. Karawitan
  4. Teater
  5. Pecinta Alam / SHC (Stembayo Hiking Club)
  6. KIS (Kelompok Ilmiah Siswa)
  7. Debat Bahasa Inggris
  8. Jurnalistik
  9. Bahasa Jepang / SNB (Stembayo Nihongo Benkyoukai)
  10. Olah Raga (basket, sepakbola, volley, bulu tangkis)
  11. Seni Baca Alqur’an
  12. Kaligrafi
  13. Paskibra (Balakra)
  14. Pramuka
  15. Seni Bela Diri Pencak Silat Merpati Putih
  16. Kewirausahaan